Alhamdulillah, Dr. H. Irwan, S.IP.,MP (Anggota DPR RI Kaltim) tiba di rumah sendiri, Sangatta, Kutai Timur Kaltim. Sejak pagi dari Samarinda menuju Kutim, saya bersama mitra Komisi V DPR RI yaitu BBPJN Kaltim, BWS Kaltim dan BPTD Kaltimtara melakukan tinjauan lapangan di beberapa segment yang rusak di ruas jalan nasional Samarinda-Bontang-Sangatta.
Segment Simpang Lempake-Santan.
  • Meninjau normalisasi sungai dekat bandara APT Pranoto dan memastikan tahun ini terlaksana dengan baik.
  • Meninjau 3 titik banjir serta jalan rusak di daerah Tanah Datar. Insya Allah bersama mitra kami akan tuntaskan jalan nasional dan banjir di wilayah ini. Rencana aksinya :
  1. Untuk kerusakan jalan nasional akan ada proyek MYC tahun ini sampai 2022 dari simpang lempake sampai santan sepanjang 50 Km. Dari rehab minor, mayor sampai konstruksi rigid oleh Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional Kaltim.
  2. Untuk masalah banjir akan ada dibuat shorcut dari drainase jalan nasional di alirkan menuju sungai Benanga kemudian masuk di Sungai Karang Mumus oleh Balai Wilayah Sungai Kaltim.
  3. Untuk terkait bukaan tambang akan ada pembuatan 5 kolam retensi untuk menampung aliran run off dan lumpur di sisi kanan jalan nasional tanah datar.
  4. Terkait keselamatan lalu lintas akan ada pengadaan Faskes berupa rambu2, pju, marka jalan, dll sepanjang jalan nasional tahun 2021 serta selama pekerjaan MYC nanti akan ada pengalihan jalan angkutan dan juga sistem buka tutup jalan nasional untuk menghindari kemacetan panjang. Ini akan dihandle langsung oleh Balai Pengelola Transportasi Darat Kementerian Perhubungan dan Dirlantas Polda Kaltim.
Segment Santan-Bontang
  • Ada program preservasi dan pemeliharaan jalan tahun 2021 juga penanganan longsoran kiri kanan jalan.
  • Program padat karya penguatan saluran air kiri kanan jalan dengan tenaga kerja lokal.
Segment Bontang-Sangatta
  • Ada program preservasi dan pemeliharaan jalan tahun 2021 juga penanganan longsoran kiri kanan jalan.
Insya Allah akhir tahun 2022 jalan nasional Samarinda-Bontang-Sangatta akan tersambung mulus, nyaman dan aman. Sejak dilantik di oktober 2019 kami terus mengawal dan mendorong perbaikan jalan nasional di Kaltim melalui kerja politik, persetujuan dan direktif anggaran di Komisi V DPR RI.
Terima kasih kepada mitra kami Kementerian PUPR dan Kemenhub serta terima kasih kepada rakyat Kaltim atas perhatian. Harapan rakyat harus terus di perjuangkan.
IR-1