Anggota Komisi V DPR RI dapil Kaltim, Irwan, melakukan penyerapan aspirasi masyarakat dalam rangka reses masa sidang IV. Kali ini, Irwan menyerap aspirasi ke wilayah Kutai Timur (Kutim), Kaltim, Senin (27/7/20), setelah sebelumnya ke beberapa daerah lain.

Mengenakan kemeja berwarna biru navi dengan logo Partai Demokrat, kedatangan Irwan dimulai ke wilayah Kecamatan Sangatta Utara, lalu berakhir di Sangatta Selatan. Turut hadir Sekda Kutim Irawansyah beserta jajaran Pemkab Kutim di Kantor Desa Sangatta Selatan, dihadiri sejumlah warga.

Irwan mengatakan, selain meninjau bendungan dan program irigasi dari 32 tempat yang telah dialokasikan, kedatangan dirinya ke Kutim juga meninjau progres bantuan stimulan perumahan swadaya rumah layak huni.

Dia mengungkapkan, di Kutim terdapat 450 rumah layak huni yang dibangunnya. Itu terbagi di dua kecamatan, yakni 300 unit rumah layak huni di Kecamatan Sangatta Utara dan 150 unit di Kecamatan Kaubun.

“Alhamdulillah, tadinya ada beberapa rumah yang tidak layak huni dan akhirnya sudah selesai pengerjaanya dan rata-rata mereka sudah merasakan manfaatnya. Sebelumnya tembus hujan, dan sekarang sudah bagus, dan dindingnya terbuat dari ulin,” ungkap lelaki yang berasal dari Kutai Timur itu.

Kemudian, lanjut Irwan, dirinya juga meninjau Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) yang merupakan upaya strategis Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mempercepat penanganan permukiman kumuh di Indonesia dan mendukung “Gerakan 100-0-100”, yaitu 100 persen akses universal air minum, 0 persen permukiman kumuh, dan 100 persen akses sanitasi layak.

Arah kebijakan pembangunan Dirjen Cipta Karya adalah membangun sistem, memfasilitasi pemerintah daerah, dan memfasilitasi komunitas (berbasis komunitas). Program Kotaku akan menangani kumuh dengan membangun platform kolaborasi melalui peningkatan peran pemerintah daerah dan partisipasi masyarakat.

“Yang tadinya kota kumuh tidak layak huni menjadi perkotaan yang layak huni terus produktif dan berkelanjutan Termasuk MCK-nya, zeptic tank nya dan sanitasinya juga harus bagus. Dan ini sitemnya berkelanjutan. Termasuk pengeloaan lingkungan, sampah dan lain-lain,” pungkasnya.

Selain ke Kutim, Irwan juga telah melakukan reses ke sejumlah tempat lainnya. Di antaranya yaitu di wilayah Kabupaten Kutai Barat dan Samarinda.

Sumber, https://halokaltim.com/2020/07/27/turun-reses-ke-kutim-irwan-pastikan-ratusan-rumah-layak-huni-dan-program-irigasi/