Bu Ani tutup usia. Baru tadi sore dimakamkan di makam Pahlawan Kalibata, Jakarta. Sebagai istri, Bu Ani memang mumpuni. Kita mafhum ada banyak refrensi yang bisa kita percaya.
 
Pak Pray (purnawirawan jenderal yang sebaya dengan putri pak Sarwo Edhie Wibowo ini, pun memuji. Tak keliru pak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) memilih dengan berani dan kemudian mendapatkan restu dari pak Soekotjo saat membawa Bu Ani ke Pacitan lebih dari 30 tahun silam.
 
Mengutip dari buku, Pak Beye dan Istananya, Bu Ani sebagai putri jenderal yang masyhur namanya, Bu Ani memang terlihat kelasnya. Kepercayaan dirinya terlihat kuat meskipun presiden pertama yang terpilih dalam pemilu lansung dua periode berturut-turut ada di sampingnya.
 
Karena itu, dengan sukses tanpa banyak kendala, Bu Ani mampu menggerakkan istri-istri pembantu pak SBY dalam satu wadah.
SIKIB namanya yang merupakan singkatan dari Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu. Pidato-pidato Bu Ani tidak kalah indah dibandingkan pidato-pidato suaminya.
 
Tanpa pemandu, Bu Ani di depan istri-istri kabinet yang dipimpin pak SBY. Bu Ani membawakan pidato lebih spontan, ber-irama, dan bertenaga.
 
Karena itu, ketika Aa Gym diundang ke Istana Negara untuk memberikan tausiyah tentang moral Bu Ani tidak kehilangan pesona.
Meskipun tanpa lawakan khas Aa Gym yang mengundang gelak tawa, Bu Ani tetap mampu membuat istri-istri pembantu pak suaminya terkesima. Tepuk tangan diatur kerap menghiasi ujaran lantang pidatonya di podium garuda.
 
Karena pesonanya lima tahun pertama, Bu Ani sukses mengagas program besar bernama Indonesia Sejahtera.
Indonesia sejahtera memiliki lima program yang dibiayai pihak swasta dan dukungan pemerintah, yaitu Indonesia Pintar, Indonesia Peduli, Indonesia Sehat, Indonesia Kreatif dan Indonesia Hijau.
 
Salah satu program nyata dari program Indonesia Sejahtera adalah Indonesia pintar. Tidak hanya dibuat mobil pintar dan motor pintar untuk berkeliling kampung dengan buku-bukunya, Bu Ani juga membuat Kapal Pintar, Rumah Pintar dan Kampung Pintar.
 
Dengan program Indonesia Pintar, Bu Ani hendak membuat rakyat pintar dengan gemar membaca, seperti yang kerap dikutip, siapa saja termasuk, Bu Ani adalah jendela dunia.
 
Karena suksesnya, putra pertama Agus Harimurty Yudhoyono (AHY) menjadi tentara yang mengabarkan program Bu Ani ke Lebanon. Mobil Pintar membawa misi menjaga perdamaian dibawah misi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
 
Kini, Bu Ani telah berpulang menghadap sang khalik. Kita berdoa semoga almarhum khusnul khotimah dan diberi kelapangan di alam barzah.
 
Tim
Suara Irwan